Minggu, 13 November 2011

Pengelompokan TI


Pengelompokan Teknologi Informasi
Komputer merupakan rangkaian dari berbagai komponen dan periferal. Pengertian periferal adalah perangkat input/output yang merupakan bagian dari pendukung sistem. Secara garis besar, komputer terdiri dari tujuh penunjang utama yaitu perangkat masukan (input device), Perangkat pemrosesan (cpu), perangkat penyimpanan (strorage device), perangkat keluaran (output device), perangkat lunak (software), komunikasi, dan baterai.
1.Perangkat Masukan.
            Perangkat masukan atau input device merupakan perangkat yang memberikan sinyal masukan kepada sistem komputer. Masukan tersebut berupa sinyal input dari maintainance input. Sinyal input adalah segala sinyal yang akan diolah oleh sistem komputer sedangkan sinyal maintainance adalah sinyal yang digunakan untuk mrngolah sinyal input. Perangkat masukan dibagi menjadi dua yaitu peralatan masukan langsung dan peralatan masukan tidak langsung.
A.    Perangkat Masukan Langsung.
Dalam peralatan masukan langsung, input langsung diproses CPU tanpa disimpan oleh penyimpan media luar. Berikut ini adalah contoh beberapa peralatan masukan langsung :
a.      Mouse.
Mouse berfungi untuk mengatur posisi pada layar komputer.
b.      Keybord.
Keybord merupakan peralatan masukan langsung terdiri dari tombol-tombol huruf dan tombol-tombol fungsi. Bentuk keybord ada yang standard an extended. Perbedaannya keybord stanfar mempunayi 88 tombo, sedangkan extended lebih banyak.
c.       Joystick.
Joystick merupakan peralatan input tambahan untuk mempermudah penguna komputer dalam permainan yang ada di komputer.
d.      Scaner.
Scanner adalah peralatan untuk membaca input baik data maupun gambar untuk di scan.

e.       Microphone.
Microphone merupakan alat elektronika yang berguna untuk mengubah suara menjadi listrik.
f.        CD-ROM (Compact Disk Read Only Memory) Drive.
CD-ROM drive berfungsi untuk membaca data input dari kepingan CD. Kemampuan transfer data CD-ROM adalah n x 150 MB/s, dengan n adalah kecepatanyang di tuliskan pada bodinya.
B.     Perangkat Masukan Tak Langsung.
Pada perangkat masukan tak langsung, data yang tidak langsung diproses melainkan  direkam dahulu ke media penyimpan luar seperti pita magnetic. Contohnya key-to-tape.key-to-card, dan key-to-disk.

2. Perangkat Pemrosesan (CPU).
Perangkat pemrosesan merupakan pusat pengelolaan dan pengontrolan segala pemrosesan data. Perangkat pemrosesan terdiri dari :
1.      Control Unit.
Control Unit bertugas untuk menerjemahkan perintah atau intruksi secara berurutan yang kemudian diteruskan ke seluruh kerja computer.
2.      Arithmetic Logic Unit (ALU).
Arithmatic Logic Unit (ALU) berfungsi untuk memproses data melalui perhitungan penambahan dan pegurangan, perbandingan-perbandingan serta logika.
3.      Memory.
Memory adalah penampung dan penyimpan data pada proses aplikasi program yang dimasukkan ke komputer. Besarnya kapasitas memori dinyatakan dalam satuan Byte, KByte, MByte, dan GByte.

3. Perangkat Penyimpanan (Storage Device).
            Perangkat Penyimpanan (Storage Device) berfungsi untuk menyimpan data yang telah dimasukkan dan jua menyimpan hasil pemrosesan kerja CPU. Perangkat Penyimpanan dibagi menjadi dua, yaitu memori internal dan memori eksternal.
1.      Memori Internal.
Memori Internal merupakan memori yang ada dalam CPU yang terdiri dari ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Acces Memory).
a.       ROM (Read Only Memory).
ROM (Read Only Memory) merupakan memori yang bersifat permanen, yang dapat dibaca tetapi tidak dapat  perbaharui. ROM berfungsi untuk menyimpan program operasi computer seperti program BIOS dan booting.
b.      RAM (Random Acces Memory).
RAM (Random Acces Memory) merupakan memori yang bersifat sementara, yang mana jika komputer mati, maka data atau program yang telah tersimpan akan hilang. Memori ini bisa membaca, menulis, serta menyimpan data dan program.
2.      Memori Eksternal.
Memori eksternal merupakan media penyimpan data atau program-program yang bersifat tetap. Contohnya harddisk, floppy disk, flashdisk, CD ROM, dan lain sebagainya.
a.       Harddisk.
Harddisk merupakan media yang digunakan sebagai alat booting dan penyimpanan data. Harddisk dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu IDE (Intergrated Device Electronics) dab SCSI (Small computer System Interface). Kedua jenis harddisk tersebut dapat dibedakan dari jumlah pin data yang ada. Jenis IDE mempunyai 40 pim sedangkan jenis SCSI mempunyai 50 pin. Kapasitas penyimpanan harddisk yang ada saat ini meliputi: 1 GB, 1,2 GB, 5,1 GB, 6,4 GB, 7,4 GB, 10 GB, 15 GB, 20 GB, 30 GB, 40 GB, 100 GB, dan 200 GB.
b.      CD-ROM.
CD-ROM adalah media penyimpan dalam bentuk kepingan cakram. Kemapuan menyimpan CD bisa mencapai 700 MB, setara dengan floopy disk sebanyak 486 buah.
c.       Floppy Disk.
Floopy Disk yang biasa di sebut disket merupakan media penyimpan data juga, namun dengan kapasitas yang relative kecil. Kemampuan menyompan dari disket sekitar 1,44 MB.

d.      Flasdisk.
Flashdisk merupakan alat untuk menyimpan data eksternal yang mengunakan penghubung USB. Kemampuannnya menyimpan data mulai dari 32 MB, 64 MB, 128 MB, 1GB, 2 GB, 4 GB, dan 8 GB.

4.Perangkat Keluaran (Output Device).
          Perangkat keluaran merupakan perangkat komputer untuk menampilkan dan mengeluarkan hasil kerja komputer. Contoh-contoh perangkat keluaran sebagai berikut.
a.      Monitor/Display.
Monitor berfungsi untuk menampilkan hasil kerja pemrosesan komputer secara visal baik berupa gambar maupun data. Contohnya monitor dan LCD.
b.      Printer.
Printer merupakan peralatan keluaran untuk menamoilkan hasil komputer dalam bentuk tulisan maupun gambar.
c.       Speaker.
Speaker merupakan perangkat keluaran yang menampilkan sinyal suara, dimana sinyal tersebut sebelumnya telah diolah dalam sound card (kartu suara).

5.Perangkat Lunak (Software).
Perangkat Lunak merupakan kumpulan dari intruksi-intruksi yang akan mengatur kerja komputer. Perangkat lunak terdiri dari.
a.      Sistem operasi.
Perangkat lunak sistem operasi bias dikatakan sebagai perangkat lunak yang sangat vital, system operasi merupakan perangkat lunak yang mengendalikan seluruh kerja dari perangkat-perangkat komputer. Sistem operasi yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah sistem operasi buatan Microsoft Corp seperti Windows 95, windows 98SE, Windows 2000 professional, Windows XP, dan Windows 7. Masih ada sistem operasi lainnya seperti Machintosh system 7, Lindows, dan Linux.


b.      Sistem Aplikasi.
Sistem Aplikasi merupakan perangkat lunak penunjang untuk tujuan tertentu.  Sistem aplikasi berupa Microsoft Office,Word perfect Corel draw, adobe photoshop,dll.
c.       Utility.
Perangkat lunak Utility adalah perangkat lunak yang dipakai untuk menunjang kinerja komputer dan perawatan perangkat keras komputer.

6.Komunikasi.
            Dari berbagai perangkat yang ada dalam Teknologi Informasi tentunya tidak lepas dari fungsi untuk berkomunikasi. Contoh dari perangkat komunikasi adalah :
a.      Telepon.
Telepon adalah alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi melalui suara. Agar dapat menghasilkan suara pada telepon, sinyal elektrik ditransmisikan melalui kabel telepon yang kemudian diubah menjadi sinyal yang dapat didengar oleh telepon receiver. 
b.      Televisi.
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi yang berfungsi penerima siaran gambar beserta suara baik gambar yang hitam putih maupun tang berwarna.
c.       Wireless.
Pengerian Wirelles adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media perantara pengganti kabel. Seiring dengan perkembanannya yang pesat maka wireless juga dapat digunakan untuk penggunaan internet.

7.Baterai.
            Baterai adalah salah satu perkembangan dari teknologi, karena baterai bisa menyimpan energi listrik untuk digunakan untuk telepon genggam, jam tangan, komputer,dll. Sebuah baterai biasanya terdiri dari tiga kompoenen penting, yaitu: batang karbon sebagai anoda (kutub positif baterai), seng (Zn) sebagai katoda (kutub negative baterai), dan pasta sebagai elektrolit (penghantar). Daya simpan listrik pada baterai sampai sat ini kurang lebih hanya 8 jam, itu terbukti pada daya simpan listrik baterai terhadap laptop maupun notebook. Sampai saat ini pun para ahli imu teknologi belum bisa membuat baterai yang mempunyai daya simpan listrik yang cukup lama.

Sejarah Komputer


Pada saat ini manfaat komputer sudah dirasakan oleh banyak orang. Komputer pada umumnya digunakan untuk membantu aktifitas manusia. Misalnya, membuat berbagai laporan, presentasi, membuat chart dan diagram, membuat berbagai animasi, berkomunikasi, sharing data, dan sebagainya. Namun masih banyak dari para pengguna computer yang belum mengetahui sejarah dari perkembangan komputer tersebut, maka penulis ingin memberikan beberapa informasi mengenai sejarah komputer kepada para pembaca.
1.  Pengertian Sejarah.
Sejarah, dalam bahasa Indonesia dapat berarti riwayat kejadian masa lampau yang benar-benar terjadi atau riwayat asal usul keturunan (terutama untuk raja-raja yang memerintah).
Umumnya sejarah atau ilmu sejarah diartikan sebagai informasi mengenai kejadian yang sudah lampau. Sebagai cabang ilmu pengetahuan, mempelajari sejarah berarti mempelajari dan menerjemahkan informasi dari catatan-catatan yang dibuat oleh orang perorang, keluarga, dan komunitas. Pengetahuan akan sejarah melingkupi: pengetahuan akan kejadian-kejadian yang sudah lampau serta pengetahuan akan cara berpikir secara historis.

                        2.  Pengertian Komputer.
               Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
               Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sebagai pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
               Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti komputer adalah yang memproses informasi atau sistem pengolah informasi.
                        3.  Sejarah Komputer
Adapun sejarah komputer terbagi dalam beberapa generasi, adapun sejarahnya sebagai berikut :
3.1.    Generasi Pertama
 Komputer genarasi pertama ini disebut juga sebagai komputer dinosaurus karena ukurannya yang relatif besar. Hanya orang yang ahli sajalah yang dapat menggunakan komputer ini karena sangat sulit dan daya komputesinya sangatlah lambat.
Ciri-ciri komputer pada generasi pertama adalah sebagai berikut :
·                     Komponen elektronikanya dari Tabung Hampa (Vacuum Tube).
·                     Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer. Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
•           Ukurannya besar dan memerlukan tempat yang sangat luas.
•           banyak Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas
•           Prosesnya relatif lambat.
•           Memerlukan Kapasitas untuk menyimpan data kecil.
Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL. Contoh mesin; ENIAC, MARK II, EDSAC, MARK III, UNIVAC I & II, IBM 650, ADVAC. Komputer generasi pertama berawal dari tahun 1942 hingga tahun 1959.

                           3.2.   Generasi Kedua.
Komputer generasi kedua ini muncul pada era 1960-an dan dulu komputer ini banyak di gunakan di berbagai perusahaan perusahaan khususnya dalam bidang bisnis. Ukurannya lebih kecil ketimbang komputer generasi pertama yaitu kira-kira seukuran lemari saja. Pada era ini juga manusia telah mengenal printer, memori, disket ataupun sistem operasi.
Ciri-ciri komputer generasi kedua adalah sebagai berikut :
·                     Komponen elektronikanya dari Transistor.
·                     Program dibuat dengan Assembly Language.
·                     Ukurannya relatif kecil.
·                     Tidak banyak mengeluarkan panas.
·                     Telah mengenal Magnetic Tape dan Magnetic Disk untuk menyimpan data.
·                     Mulai mengenal Tele Processing (time sharing yang memungkinkan beberapa user dapat memakai kokmputer secara bersama-sama).
·                     Proses relatif lebih cepat.
·                     Kapasitas untuk menyimpan data semakin besar.
Pabrik yang memproduksi; UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL, CDC (Control Data Corporation), NCR. Contoh mesin; IBM (IBM 1620, IBM 1401, IBM 7070, IBM 7080, IBM 7094), UNIVAC III, CDC 6600 Super dan CDC 7600, BURROGHS 5500, HONEYWELL 400, PDP 1 & 5.
Walaupun komputer ini telah menggunakan transistor yang mana menggantikan fungsi tabung hampa tetapi tetap saja mengeluarkan panas walaupun tidak sebanyak yang di keluarkan oleh komputer generasi pertama dan itu dapat berpotensi untuk merusak komponen komponen yang ada pada komputer. Pada generasi ini juga bermunculan banyak programmer, analis dan ahli di bidang komputer serta juga bermunculan dan mulai berkembang industri piranti lunak atau softwere.
                           3.3.    Generasi Ketiga.
Penemuan baru di bidang hardware dilakoni dengan munculnya IC (Integrated Circuit) dalam komponen komputer. Karena kelebihannya dalam menyatukan berbagai komponen-komponen dalam suatu chip tunggal sehingga komputer pada saat itu ukuran komputer menjadi semakin kecil tanpa menurunkan kinerja yang dihasilkan, bahkan semakin meningkatkan kinerjanya. Pada bagian software, teknik-teknik pemrograman jamak (Multi Programming) mulai dikembangkan sehingga makin menambah koleksi berbagai bahasa pemrograman yang ada. Cray-1, UNIVAC 90/30 dan IBM 360adalah beberapa contoh komputer pada generasi ini.
Komputer generasi ketiga merupakan perkembangan yang paling pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul sejak era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat manusia mencari solusi lain dan solusi itu di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah sebagai berikut :
·                     Komponen elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.
·                     Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi kedua.
·                     Mulai mengenal Multi Programming dan Multi Processing.
·                     Adanya integrasi antara Software dan Hardware dalam Sistem Operasi.
·                     Prosesnya sangat cepat.
·                     Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar.
Pabrik yang memproduksi; IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR. Contoh mesin; IBM S/360, UNIVAC 1108, PDP 8 & 11, HONEYWELL 200, RCA, SPECTRA 70.
Pada era ini juga mulai digunakannya sistem operasi (operation sistem) yang memungkinkan mesin menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Sistem operasi komputer pada generasi ketiga adalah UNIX dan Windows. Walapupun grafiknya masihlah sangat minim.
                           3.4.    Generasi Keempat.
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen­komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980­ an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra­Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam satu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.
Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.  Perkembangan yang demikian memungkinkan orang­orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan­perusahaan besar atau lembaga pemerintah.
Pada pertengahan tahun 1970­an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer­-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980­an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan system grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara­cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer­-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar .
Ciri-ciri komputer pada generasi keempat :
·                     Digunakannya LSI, VLSI, ULSI.
·                     Digunakannya mikroprosesor.

                           3.5.    Komputer Generasi Kelima.
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi­fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa omputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata­kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain omputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan omputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan omputer, yang akan menggantikan model Von Neumann. Model Von Neumann akan digantikan dengan omput yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah komputer yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru komputer komputerisasi di dunia.
Ciri-ciri komputer pada generasi kelima:
·                     Adanya kecerdasan buatan.
·                     Mengkoordinasikan CPU secara serempak.
·                     Adanya teknologi super konduktor.